PENGALAMAN ROAD TRIP GOLD COAST TO SYDNEY

Road trip dari Gold Coast ke Sydney merupakan agenda utama si papayang termasuk saya juga yang ingin merasakan sensasi berkendara di Australia melalui pacific highway sekitar 1000 km, pada road trip ini kami tidak menyusun itinerary maupun memesan penginapan sebelumnya sehingga benar benar on the spot saja, kami menyediakan waktu 2 hari untuk road trip apakah akan terpakai waktu 2 hari tersebut di jalan atau sehari saja ? tergantung mood sang supir saja alias papanya kai-nara :)

Berkendara menggunakan mobil atau menggunakan pesawat terbang dari Gold Coast ke Sydney merupakan pilihan, menurut saya tidak juga lebih murah menggunakan mobil karena biaya sewa kendaraan, bensin, makan, dan penginapan, atau mungkin denda jika kita mengotori mobil sewaan dan apalagi jika kena tilang, akan tetapi pengalaman sensasi berkendara akan menjadi memory untuk kami yang tidak akan terlupakan.

Persiapan Roadtrip :

1. Mobil Sewaan  :
           Mencari rental mobil yang murah dengan harga sewa car seat yang bersahabat. Karena kami membawa anak dibawah umur 7tahun mengharuskan menggunakan car seat untuk si ade sedangkan si abang walaupun belum berumur 7 tahun tapi badannya dan berat badannya sudah diatas rata2 jadi kami hanya menyewa 1 car seat saja. Dilema pertama beberapa car rental mereka memberikan harga yang murah untuk sewa car seat tetapi dihitung dengan jumlah hari yang kami pesan. Yang kedua karena lokasi pengembalian berbeda dari lokasi pengambilan awal sebagian besar rental mobil di Australia mengenakan biaya relokasi berkisar 200-300$.
           Akhirnya beberapa hari sebelum keberangkatan kami menemukan rental mobil dengan harga murah, biaya sewa car seat di hitung sekali bayar saja dan membebaskan biaya relokasi melalui Apex Car Rental. Rental mobil ini sebenarnya berasal dari New Zealand dan baru mengembangkan cabangnya di Australia beberapa tahun terakhir ini. Karena fokusnya kepada wisatawan maka cabang rental mobil ini hampir semua berada di area bandara, hanya cabang di Gold Coast Surfer Paradise yang berada ditengah kota dan di sini lah kami mengambil mobil sewaan kami. Awalnya papayang tertarik untuk menyewa mobil tipe SUV seperti Outlander kebetulan mobil kami di Indonesia pun sama tetapi sayang sekali jenis mobil yang mau kami book sudah full, hanya tersisa Sedan KIA Optima dan inilah mobil yang menemani kami di dalam perjalanan.

abang dengan mobil sewaan kami Kia Optima
  2. Peraturan berkendara di Australia :
    Di Australia sama sama menggunakan stir kanan, tapi hanya perlu memperhatikan peraturan jalan saja, Di Australia banyak persimpangan (Bundaran / round a bout) yang harus diperhatikan aturan2nya, dan  untuk Jalan Toll kecepatan sekitar 70 – 100 km/jam, jalan toll gold coast ke Sydney tidak sama seperti di Indonesia yang khusus bagi pengguna jalan yang membayar biaya toll, di sana jalan tol seperti jalanan biasa saja semua orang dapat langsung masuk ke jalan tollnya tampa perlu membayar, oh iya rute jalan tol yang kami gunakan adalah pacicfic highway A1. Yang perlu diperhatikan setiap beberapa kilometer terdapat speed trap camera sehingga anda harus memperhatikan batas kecepatan kendaraan anda jangan sampai terkena tilang karena dendanya lumayan besar, hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketika memasuki kawasan pemukiman biasanya batas kecepatannya turun dari 100km/jam bisa langsung turun menjadi 60km/jam ketika melewati perumahan atau sekitar 20-40km/jam ketika melewati sekolahan.

Kota kota besar yang bisa disinghai dalam perjalanan dari Gold Coast ke Sydney

1. Byron Bay
  2. Coff Harbour  (Kota terbesar diantara Gold Coast dan Sydney yang memiliki bandara tersendiri)
  3. Port Macquire
  4. Newcastle

Berikut Cerita Perjalanan kami selama 2 hari Road Trip dari Gold Coast ke Sydney :

Hari kedelapan :  Memulai roadtrip dan 1st Stop adalah Byron Bay
Kami memulai perjalanan sore hari setelah dari Currumbin Wildlife Sanctuary sekitar jam 3 sore, pemberhentian pertama adalah kota Byron Bay yang berjarak sekitar 80km atau 1 jam perjalanan. Ketika memasuki wilayah Byron Bay kita akan disuguhi deretan kedai / restaurant disepanjang jalan menuju pantai Byron dan ini bisa jadi referensi bila ingin mencari makanan. Kami sampai di Byron Bay sekitar jam 6 sore, hal pertama ketika sampai adalah mempelajari cara parkir dengan mesin, biaya parkir sekitar $ AUD 5.
Menikmati sore hari di pantai Bayron, pantai ini Indah memberikan suasana yang berbeda dari pantai yang pernah saya kunjungi karena masih sangat natural, sayang sudah mau malam sehingga kami tidak bias berlama2 di pantai ini dan harus melanjutkan perjalanan.
Kami memutuskan untuk bermalam di Coff Harbour yang merupakan salah satu kota terbesar dan berada ditengah Gold Coast dan Sydney, jaraknya dari Byron Bay sekitar 250km atau 3 jam perjalanan. Kegalauan muncul ketika kami mau bermalam di mana, sebenarnya saya ingin sekali bermalam di semacam motel pinggir jalan, tetapi menggurungkan niat karena khawatir anak2 tidak cocok dan memutuskan bermalam di Opal Cove Resort, kami pesan melalui Hotel.com 1 jam sebelum sampai, hotel ini mudah di jangkau karena berada di jalur toll dan lokasinya hanya berjarak kurang dari 500m dari jalan toll dan kita bisa langsung menemukan hotel ini. Kesan pertama dengan hotel ini sedikit kecewa karena untuk hotel peringkat no 1 di tripadvisor untuk area Coff harbour hotel ini cukup keliatan tua, tetapi mungkin semua hotel disini seperti itu, untungnya hotel ini memiliki sofa bed sehingga kami berempat bisa tidur nyenyak untuk malam ini.

Byron Beach :
Pantai di Byron Bay

Foto di Fisherman's lookout

Pantai "the Pass Byron Bay"

Fisherman Lookout dengan view pantai The Pas

Hari Kesembilan  :  Explore Coff Harbour (Hill Beach, The Big Banana, Dorringo Rainforest, dan Overnight di Newcastle)

Selamat Pagi Coff Harbour, Pemandangan dari balkon kamar ini cukup Indah dan dingin, oops tapi kami tidak akan bermalas malasan di hotel ini, sejenak menikmati pemandangan laut dan back yard dari balkon, langsung kami berkemas untuk melanjutkan perjalanan.
Sebelum check out saya tertarik untuk mengunjungi pantai di belakang hotel, jadi di belakang hotel ini memiliki back yard yang luas setelah itu ditutupi pepohonan yang tinggi dan setelah melewatinya baru bisa menemukan pantainya, pantai tsb bernama hill beach, dan pemandangannya awasome.

Perjalanan selanjutnya adalah menuju Icon Coff Harbour yaitu The Big Banana tidak lengkap rasanya jika tidak berfoto di icon ini.
Melanjutkan perjalanan, di sepanjang jalan kami disuguhi pemandangan hamparan rumput yang luas beserta sapi dan kuda. Indah benar rasanya si ade dan abang tak henti bergembira  bisa melihat sapi dan kuda sepanjang jalan.

Selanjutnya kami mengikuti petunjuk jalan menuju Dorrigo Rainforest, jarak dari Coffs Harbour ke taman nasional ini sekitar 70km sekitar 1,5jam perjalanan. Menurut saya pemandangannya ini mirip seperti tebing keraton jika di lihat dari google, dan ternyata pemandangan di sini diluar ekspetasi saya bagusnya pake banget dan mudah untuk mencapainya. Jika mau melanjuti Rainforest walks juga ada, sayang karena waktu yang terbatas kami hanya ¼ jalan saja dan lanjut perjalanan menuju Sydney.

Dalam perjalanan menuju Sydney jam sudah menunjukkan pukul 3 sore dan anak2 sudah rewel karena belum makan berat selain roti yang kami beli di pagi hari akhirnya kami memutuskan mampir di salah satu kota yaitu Port Macquarie. Kota ini merupakan kota pantai dengan banyaknya pantai dan dermaga, awalnya kami mencari restoran Halal dan berbekal GPS kami coba cari tetapi semua restoran tersebut antara sudah tidak beroperasi atau belum buka karena restoran-restoran di sini rata2 buka diatas jam 5 sore akhirnya kami putuskan mencari restoran fastfood dan ketemulah KFC yang berada di pom bensin dekat jalur masuk tol, kebetulan bensin mobil kami sudah menunjukkan setengah sehingga perlu diisi. Pom bensin disini sistemnya self service, tinggal cari mesin pengisi yang kosong pilih tipe bahan bakarnya dari yang bensin RON 91, 95 dan 98 atau solar. Dari rental direkomendasikan mengisi bensin dengan tipe RON 91, setelah itu pilih berapa jumlah total bensin yang akan diisi dan lanjutkan dengan menempatkan nozzle pengisi ke tangki bahan bakar mobil setelah selesai baru kita bayar di kasir yang berada di dalam took Pom bensinnya. beberapa jaringan pom bensin yang ada disini adalah Shell, Caltex, BP dan beberapa pom bensin local. setelah menyelesaikan makan dan mengisi bensin maka kami lanjutkan perjalanan ke Sydney dengan masuk kembali ke jalur jalan toll Pacific Highway A1.

Menjelang jam 8 malam, saya masih galau antara mau melanjutkan perjalanan ke Sydney sekitar 3 jam lagi atau lanjut ke Leura Village di Blue Mountain yang katanya kotanya bagus dan akan merubah itinerary selama di Sydney. Di antara ke galauan mau overnight dimana akhirnya kami putuskan untuk overnight di Newcastle yang masih berjarak 1 jam menuju Newcastle, melalui Agoda kami memesan Travelodge Newcastle.

Cove Opal Resort  :
room

balkon

good morning from opal cove resort

Lobby

Laguna di Belakang Hotel
nice view

Hills Beach

Foto dari anjungan di atas Hills beach

Coff Harbour

Icon kota Coff Harbour

Big Banan Waterpark

Big Banana Golf Driving range

view to Dorrigo National Park
Pemandangan sepanjang coff harbor menuju dorrigo

Dorrigo Rainforest

rainforest walks

Rainforest Walks

Canopy Cafe

Canopy cafe

Hari Kesepuluh  :  Newcastle Beach
Pagi hari di Newcastle disambut angin yang kencang dan dingin, pagi hari kami langsung check out dan menuju Newcastle University, lanjut ke Newcastle Beach dan  Menuju tujuan akhir kami yaitu Sydney.

Newcastle merupakan kota pelabuhan dan industry, kalau melihat sejarahnya ini merupakan kota tertua kedua di Australia. Selain itu ini adalah pusat industry dengan banyaknya industry manufaktur mungkin nama Newcastle mencontoh kota Newcastle di Inggris yang juga merupakan kota Industri. Karena ini kota tua dapat terlihat dari bangunan-bangunan kuno yang masih terawatt, pantainya juga indah dan sempat masuk salah satu dari 20 pantai terbaik versi lonely planet. Satu hal yang pasti di pantai ini adalaha anginnya yang sangat kencang he3x saking kencangnya bisa membuat anda menggigil kedinginan. selesai melihat2 pantai dan jalanan di kota ini kami melanjutkan perjalanan kami ke Sydney yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan.

Selesai juga pengalaman kami mengarungi roadtrip dari Gold Codast ke Sydney yang sangat berkesan dengan pemandangan dan pengalaman yang indah, dengan jalan tol yang bebas hambatan dan pemandangan laut dan bukitnya yang tak terlupakan.

Port Macquarie

Travelodge Hotel Newcastle

Supermarket depan hotel

Travelodge Newcastle

Pantai di Newcastle dengan angin yang sangat kencang