Pengalaman ke tinggalan barang di kereta Jepang

Di hari ke-8 rencananya kami akan explore Kyoto, itenary  sudah disiapkan dan pagi-pagi kami pun berangkat ke stasiun Osaka. Setelah membeli tiket kereta kami pun menaiki kereta yang membawa kami ke Kyoto, kalau tidak salah kereta yang kami naiki rutenya adalah Yasu station yang akan melewati stasiun Kyoto.



Dihari kerja kereta lumayan penuh sehingga saya meletakan tas backpack di rak atas tempat barang.Turun dari kereta di sambut udara dingin karena angin yang kencang… sepertinya kami salah kostum, cuaca Tokyo dan Kyoto hampir sama tetapi di Kyoto anginnya lebih kencang.

Ketika mau mengambil jaket di tas untuk si ade, baru sadar tas backpack KETINGGALAN di kereta.Sebelum berangkat saya sempat membaca artikel mengenai ketinggalan barang di Jepang dan rata-rata barang2 tersebut kembali dalam keadaan utuh.. Mudah2an ketemu ya..

Ketinggalan Tas di Kereta menuju Kyoto dari Osaka

Hal pertama yang kami lakukan adalah mencari informasi di information centre dan diarahkan ke bagian lost&found stasiun Kyoto, lokasinya agak tersembunyi di samping stasiun Kyoto. Dari pintu keluar stasiun jalan ke kanan sampai menemukan jalanan yang di seberangnya ada bangunan hotel, lalu ikuti jalan ke kanan dan sekitar 50m akan menemukan kantor Lost&Found. 
lokasi disamping stasiun Kyoto


Setelah menerima laporan kami, maka petugas stasiun yang sudah agak berumur membuatkan laporan kehilangan dan meminta data mengenai tas kami dan barang2nya berisi apa saja, lalu menginformasikan agar kami datang kembali 1 jam kemudian. Sekitar 1 jam lebih akhirnya saya mendatangi tempat ini dan petugasnya menginformasikan tas kami sudah ditemukan, tetapi kami harus mengambil sendiri ke stasiun Yasu atau kalau mau dikirimkan ke lokasi kami butuh waktu sekitar 2-3 hari mengingat kami pulang 2 hari lagi akhirnya papayang memutuskan mengambil langsung di stasiun Yasu.

Setelah berkeliling Kyoto hikss walaupun jadwal kami jadi berantakan jadinya hanya sempat ke Fushimi Inari dan Arashiyama akhirnya sore-sore kami menuju ke stasiun Yasu, jaraknya sekitar 45 menit dari stasiun Kyoto sesampainya di sana papayang mendatangi kantor stasiunnya dan petugasnya menanyakan beberapa hal sepertinya hanya memastikan bahwa kami memang pemilik tas tersebut. Setelah selesai dan papayang mengisi form pengambilan serta menunjukkan paspor akhirnya tas kami kembali lengkap dengan semua barang-barangnya tanpa kurang satupun, ada jaket, handycam, ipad, tongsis, dll.

lesson learn dari pengalaman kami, di dalam kereta selalu siaga dengan barang2 bawaan kita, kalau memang namanya musibah dan terjadi ke kita sebaiknya tenang karena di Jepang Inshaa Allah aman di setiap akhir rute kereta biasanya ada petugas yang menyisir gerbong mengecek apakah ada barang-barang penumpang yang tertinggal, hubungi information centre atau lost&found agar bisa dicek oleh petugasnya, biasanya mereka bersedia mengirimkan ke lokasi kita di Jepang tetapi butuh waktu yang lama bisa 3-7 hari atau diambil di stasiun akhir kereta…..

Komentar

Postingan Populer