Tranportasi Umum Dalam Kota di Eropa (Part 2)

Setelah membahas Transportasi / Kereta secara umum Antar Negara di Eropa, selanjutnya kami ingin share pengalaman menggunakan transportasi di setiap negara untuk menuju tempat wisata di Negara yang kami kunjungi.


Vienna 
Transportasi yang ada di Viena beragam dari jaringan U-Bahn (subway), S-Bahn (kereta local), tram dan bus.  System kereta di Vienna berbeda dari pengalaman kami di perjalanan kami sebelumnya, di sini lebih mengandalkan kejujuran masing-masing orang karena tidak ada pengecekan tiket setiap keluar masuk mode tranportasi tapi harus diingat kadang kala ada petugas yang akan mengecek dan jika ketahuan sangsinya sangat mahal.  Jadi misalnya kalau kita beli tiket dari point A ke B kita bebas mau naik subway, kereta, bus atau tram. Untuk tipe-tipe tiket ada bermacam-macam dari yang single ticket, 24/48/72 hours ticket, 8 day network ticket, weekly ticket ataupun monthly ticket. Selain itu terdapat pula beberapa pass untuk wisatawan seperti The Vienna Card dan The Vienna Pass with Travel.



Pada saat kami tiba di Vienna adalah hari sabtu pagi, padahal kalau hari minggu atau libur sekolah anak-anak usia sampai 15 th bebas bepergian menggunakan semua mode transportasi. Karena kami memang perlu tranportasi di dalam kota dan agak repot kalau beli tiket satuan akhirnya saya membeli 1 Vienna Card dan 1 Vienna Pass, perbedaannya hanya Vienna Pass bisa digunakan untuk masuk ke beberapa tourist attraction dengan harga yang jauh lebih murah sedangkan Vienna Card hanya untuk transportasi saja. Kenapa saya beli 2 tipe yang berbeda, ternyata Vienna Card tidak menyediakan harga untuk anak-anak sedangkan Vienna Pass ternyata berlaku untuk 1 dewasa dan 1 Anak jadi daripada membeli 3 buah Vienna Card lebih baik membeli 2 pass berbeda.
Di Vienna Airport membeli tiket dari Airport menuju Stasiun Wien Haufbanhof

Alternatif selain kereta OBB dari Vienna Airport ''CAT'', stasiun akhirnya di pusat kota

Menunggu Kereta di stasiun Vienna Airport menuju Stasiun Wien Haufbanhof

Muka happy merasakan udara dingin lagi

Kereta OBB dari Vienna Airport
Stasiun Rathaus, hanya selangkah dari balai kota ''Rathaus''

Rental Sepeda yang banyak terletak di beberapa lokasi
100 meter dari pintu keluar di Stasiun Win Haufbanhof ini langsung terlihat Hotel kami

food court di Stasiun Wien Haufbanhof
 

Wien HBF Stasiun
Salzburg
Sebenarnya kota ini tidak terlalu besar, jika kita menginap di sekitaran stasiun kereta utamanya jarak ke kawasan kota tua hanya sekitar 1,5 km jadi sebenarnya tidak perlu juga menggunakan bus karena sepanjang perjalanan pun banyak objek wisata yang bisa dilihat. Tetapi jika memang ingin menggunakan tranportasi umum terdapat bus yang melayani seluruh area kota Salzburg atau bus hop on hop yang loketnya banyak di sepanjang jalan dekat mirabell garden.
 
Salzburg HBF di Pagi Hari


Si inces dengan stollernya

Stasiun Salzburg HBF

Stasiun Salzburg menuju Platfrom Kereta 11 -12
Menuju Salzburg dari Vienna

didepan Stasiun, Kota Salzburg terkenal dengan Tour Film Sound of Music
 Hallstatt
Kereta Menuju Hallstastt dari Salzburg
Ganti kereta di Stasiun Attnang-Puchheim
 


Pemandangan dari kereta menuju Hallstatt

Pemandangan dari Kereta menuju Hallstatt

Ferry dari Stasiun Hallstat menuju Desa Hallstatt

Ferry Menuju Desa Hallstatt
Salah Satu Alternatif menuju Desa Hallstatt menggunakan Bus
Lucerne
Kota ini merupakan salah satu tujuan utama wisatawan yang berkunjung di Swiss, menurut saya transportasi di Swiss sangat maju mulai dari keretanya yang lebih besar dan canggih dibandingkan kota-kota lain di eropa, kapal ferry yang menyajikan pemandangan yang menakjubkan atau busnya yang sangat ontime. 
Bahkan saya baca di salah satu artikel kalau kereta di swiss memiliki ketepatan jadwal tertinggi di eropa dan nomor dua setelah jepang. Untuk tiketnya sebagian besar hotel di swiss menyediakan fasilitas free pass untuk menggunakan transportasi umum bus dan kereta, jadi jangan lupa menanyakan hal ini jika memesan hotel di Lucerne. Biasanya pass ini akan diemail ke kita lalu tinggal di print dan di tunjukkan pada saat di sana. Istilah untuk pass ini Gastekarte.
 
Kereta dari Luzern HBF menuju Stasiun Kriens mattenhof tempat dimana kami menginap

 

Luzern HBF


Luzern HBF

Naik bus dari Luzern HBF menuju Cable Car Gunung Pilatus

Winter Tell Pass kami dapat dari Hotel gratis transpotasi dan beberapa tempat wisata di Luzern

Cable Car Menuju Gunung Pilatus

Berganti Cable Car menuju Puncak Gunung Pilatus
Badai Salju
Naik Ferry Menuju Gunung Rigi (naik dari depan stasiun Luzern HBF)

Berganti moda transportasi dari Ferry menggunakan Rigi Bahn, pemandangan berwarna hijau dan danau

Makin ke atas Salju semua dan sedang hujan salju


 
Ketika turun kembali menuju ferry kami putuskan untuk berganti moda trasportasi lainnya, menggunakan cable car ternyata cable car isinya hampir 80 orang dan menunggu lama... jadi menyesal... kalo lanjut naik kereta mungkin lebih cepat menuju ferry


Menuju Cable Car menikmati salju yang turun dengan deras
di Kapal Ferry menuju Stasiun Luzern HBF

Bus dari halte di dekat hotel menuju Luzern HBF

Milan
Milan bisa dibilang kota yang lumayan padat, karena memang pusat ekonomi di Itali. Transportasi di Milan terdiri dari subway, bus dan tram. 
Tiketnya untuk sekali perjalanan adalah 1,5 euro dan 4,5 euro untuk one day ticket berlaku 24 jam setelah penggunaan pertama dan 8,25 euro untuk two day ticket berlaku untuk 48 jam setelah penggunaan pertama. 
Jaringan keretanya tidak terlalu rumit cukup membaca peta yang tersedia di masing-masing stasiun, biasanya ditandai dengan warna yang berbeda untuk masing-masing line subway. Untuk perjalanan yang lebih jauh seperti ke kota-kota sekitar Lake Como bisa berangkat dari Stasiun Porta Garibaldi maupun Milan Central, tiketnya bisa dibeli langsung di kantor pelayanan di dalam stasiun.
Milano Centrale
Turin/Torino
Kota tempat dimana salah satu klub besar Juventus berada, transportasi di kota ini terdiri dari metro, trem dan bus. Tiket dan harganya hampir sama dengan di Milan hanya saja sepertinya lebih mudah bepergian kemana-mana menggunakan bus karena tidak semua area kotanya terjangkau oleh jaringan kereta metro. Tujuan utama kami adalah mengunjungi stadion Allianz Stadium kandang dari salah satu raksasa sepakbola eropa ''Juventus'', stadionnya terletak di pinggiran kota Turin jadi kalau ke sini hanya bisa diakses melalui bus no.29, 75 dan 62.
Stasiun Juventus tidak dilewati oleh Kereta, dari Stasiun Turin Naik Kereta kemudian dilanjuti naik Bus


Stasiun di Turin - Porta Nuevo, dari Milan menuju Juventus Stadion

Station Porta Nuevo Turin

Station Porta Nuevo Turin

Station Porta Nuevo Turin

Penyewaan Sepedah di Turin

Paris
Paris merupakan kota terbesar di eropa yang kami kunjungi, makanya transportasi di kota ini lumayan kompleks. Mode transportasinya ada Metro, RER (Suburban Express Railway) dan Bus. Metro dan RER sama-sama kereta tetapi RER biasanya lebih cepat dibandingkan Metro karena rutenya tidak terlalu banyak berhenti seperti metro, dan rutenya biasanya sampai area urban di sekeliling Paris. 
Salah satu yang membuat rumit tranportasi di Paris karena luas maka tranportasinya dibagi menjadi beberapa area (zona 1-5), untuk tiketnya ada beberapa kombinasi tapi intinya jika hanya berkunjung ke tempat-tempat wisata yang lazim didatangi turis cukup yang zona 1-2 atau 1-2-3, kalau ke jarak yang lebih jauh seperti airport dan Disneyland memerlukan tiket sampai zona 5.
Tapi tidak perlu menghafal zona-zona hanya saja harga tiketnya kalau beli satuan akan berbeda untuk masing-masing zona, misalnya tiket dari gare de lyon yang ada di zona 1 ke Disneyland yang ada di zona 5 bisa sebesar 7,6 euro. Kalau hanya di satu zona misalnya hanya zona 1 dan tidak pindah zone biasanya tiket hanya sebesar 1,9 euro. Pembelian tiket bisa dilakukan melalui mesin yang ada disetiap stasiun tetapi biasanya hanya menerima uang koin dan kartu kredit, sedangkan jika ingin menggunakan uang kertas bisa dilakukan di  loket pelayanan yang ada petugasnya.

Untuk mempermudah tersedia juga beberapa pass yang bisa digunakan tetapi harganya lumayan mahal, detailnya seperti berikut :

1.    Paris Visit Travel Pass, bisa digunakan untuk semua mode transportasi metro, RER, tram, bus, dan kereta SNCF yang masih masuk zonanya. Pass ini bisa dibeli di semua stasiun metro, RER dan tramway.

2.    Mobilis, bisa digunakan untuk semua mode tranportasi kecuali jaringan ke bandara CDG dalam waktu 1 hari dimulai dari jam 12 a.m sampai 11.59 p.m. Pass ini bisa dibeli di semua stasiun metro, RER dan tramway.

3.    10 carnet Metro tickets, sebenarnya ini tiket biasa yang bisa digunakan untuk metro, RER dan bus hanya kalau kita memilih tiket ini contohnya untuk zona 1-3 untuk harga tiket sekali jalan harganya 1,9 euro tetapi kalau kita beli 10 carnet ini harganya hanya 14,9 euro bukan 19 euro lumayan menghemat dan setiap kita menggunakan transportasi di dalam zona itu kita gunakan setiap satu tiket.
4.     
         Navigo, ini semacam kartu langganan umumnya digunakan warga paris ada yang mingguan, bulanan dan tahunan.


Satu hal yang harus diingat diantara semua kota yang saya kunjungi, Paris yang paling ketat melakukan pengawasan penumpang kereta, saya sendiri kena getahnya saat mau pulang ke hotel dari menara Eiffel karena panik kereta kami ke Amsterdam berangkat 40 menit lagi maka saya ikut keluar dengan suami dari gate khusus wheelchair karena suami mendorong stroller si adek dan voialllaaa di depan gatenya kami distop oleh petugas yang menjelaskan kalau saya kena denda karena tidak menggunakan gate yang sesuai padahal tiket carnet kami masih banyak, walaupun sudah dijelaskan tetap saja mereka mengenakan denda ke kami sebesar 40 euro he3x rasanya ingin nangis Bombay…. 


Mesin Penjual Tiket Metro Paris

Pembelian tiket di Mesin hanya menerima uang koin dan kartu kredit


Menggunakan Taxi dari Stasiun Garde De Lyon menuju Garde de Nord














AMSTERDAM
Transportasi di kota ini terdiri dari kereta, bus, trem dan ferry. Umumnya semua transportasi berpusat di stasiun Amsterdam Central, halte utama bus menuju beberapa tujuan utama turis seperti Volendam dan Zaanse Schans ada di belakang stasiun Amsterdam Central. Sedangkan kalau mau ke spot wisata yang lagi ngetrend ''Gieethorn'' harus menggunakan kereta antar kota menuju Steenwijk lalu dilanjutkan dengan bus di depan stasiunnya.

Di Amsterdam terdapat beberapa pass tetapi karena kami menginap di sekitar bandara Schipol saya tidak mencari tahu lebih lanjut mengenai Pass ini, hanya saja saran saya kalau mau ke Gieethorn lebih baik menggunakan Holland Travel Ticket yang bisa digunakan untuk menaiki kereta, metro, bus dan tram. Saya membeli tiket pulang pergi dari Bandara Schipol ke Steenwijk dan harganya 45 euro dibandingkan dengan Hollan Travel Ticket yang hanya 39 euro tentunya ini lebih murah dan praktis. 
Loket untuk membeli tiket kereta di Stasion Schiphol

Situasi di Stasiun Schiphol

Mesin Penjual Tiket kereta di Amsterdam

Stasiun Hoofdorf









Stasiun Amsterdam Central



MUNICH
 Transportasi di kota ini mirip-mirip di Vienna terdiri dari Underground train (U-Bahn), Suburban Train (S-Bahn), bus dan tram. Karena kami tidak terlalu lama di kota ini kami tidak banyak menggunakan transportasi hanya saat kami ke Alliaz Arena kami membeli Group day ticket seharga 12,8 euro, ticket ini berlaku sehari penuh dan bisa digunakan di semua mode transportasi di area kota munich. Untuk bisa menuju ke stadion Allianz Arena dari pusat kota cari U-Bahn jalur U6 dengan tujuan akhir stasiun Frottmaning. Dari stasiun ke Allianz Arena dilanjutkan berjalan kaki sekitar 400m.










Komentar

Ratdee mengatakan…
Mba kalo bawa bayi usia satu tahun apakah boleh naik keret Tau bus? Soalnya kata temen yg pnah ksana dia ga pernah liat bayi naik kereta dan bus, makasih
KAINARASHAKURA mengatakan…
Hii mba Ratna... bisa mba... untuk kereta antar negara ada gerbong khusus family bisa di pilih gerbong khusus tersebut

Postingan Populer