MENGUNJUNGI TEMPAT WISATA DI OSAKA DENGAN “OSAKA AMAZING PASS”

Day – 6 : Off to Osaka
Becak Lucu di Tsuntenkaku Tower
Setelah stay beberapa hari di Tokyo dan satu malam di Takayama, selanjutnya kami akan menginap 3 hari 4 malam di Osaka. Jika tidak membawa anak – anak saya lebih prefer untuk stay di Kyoto agar mendapat suasana yang berbeda dengan Tokyo, menurut saya sebelumnya ketika merancang itinerary diawal “tidak terlalu banyak tempat wisata yang dapat kami explore di Osaka selain Universal Studio”, ternyata asumsi saya salah loh… kami puas mengexplore Osaka walaupun hanya 1 hari dengan “Osaka Amazing Pass”
Waktu 3 hari yang tersisa di Osaka sbb :
Hari ke 7         :  Universal Studio Jepang di Osaka, kami menghindari untuk mengunjungi Theme Park pada saat weekend
Hari ke 8        :   Explore Kyoto
Hari ke 9        :   Explore Osaka
Hari ke 10      :   Traveling Day
Setelah dari Shirakawago kami melanjutkan perjalanan menuju Osaka melalui Stasiun Kanagawa, sekitar 4 jam lama perjalanan dan sampai menjelang magrib di Osaka.
Malam hari di Osaka kami sempat mengunjungi Dotonbori dengan berjalan kaki dari Apartment… Hii Osaka walaupun suhu mirip – mirip dengan Tokyo ternyata semakin malam semakin dingin ya… dan saya saltum karena hanya menggunakan jaket tipis.
Karena terskip 2 hari ke Universal Studio dan Kyoto kita lanjut explore Osaka di hari ke 9 sbb :

Day – 9  : Explore Osaka
Glico running man salah satu icon di Dontobori Osaka
Ini merupakan hari terakhir kami di Jepang sebelum kembali ke Indonesia besoknya, hari ini rencana awalnya kita hanya mau shopping menghabiskan sisa Yen, entah mengapa di Jepang kami tidak bisa menahan diri untuk tidak Shopping.
Pagi hari papayang menawarkan untuk membeli “Osaka Amazing Pass” seharga  2300 Yen. Menurut hitungan kami kartu ini Worth it untuk di beli.

Osaka Amazing Pass bisa digunakan untuk :

• Semua Transportasi baik tram, bus maupun subway di Osaka kecuali kereta Jaringan JR
  • Kupon potongan harga Restaurant (Salah satunya Pablo Cafe)
  • Objek wisata di Osaka spt :
    • Gedung Pencakar Langit Umeda (1000 Yen)
    • Osaka Castle (600 Yen)
    • Tsutenkaku Tower (700 Yen)
    • HEP FIVE Ferries Wheel di Umeda (500 Yen)
    • Museum Sains Osaka (400 Yen)
    • Tempozan Ferries Wheel (800 Yen)
    • Kapal Aqua Bus Osaka
    • Kebun Binatang Tennoji (500 Yen)
    • Kuil Shitennoji
    • Nakanoshima Night Cruise (900 Yen)
    • LEGOland Discovery Center Osaka (2000 Yen)
    • Osaka Sujiyo Bus Temmabashi Best View Cruise (1500 Yen)
    • Osaka Suiyo Bus Kapal Wisata Gozabune di Osaka Castle (1500 Yen)
    • Dll

Osaka Amazing Pass kami beli di Osaka Tourist Information Centre di  8th Floor Shinsaibashi OPA Plaza.
Dari beberapa tempat wisata tersebut kami menargetkan mengunjungi :

1. Osaka Castle
  2. Tsuntenkaku Tower
  3. Osaka Museum of and Living
  4. Bianglala / HEP Five Ferries Wheel
  5. Floating Garden Obsevartory di Umeda Sky Building
  6. Maria Cruise (sayang plan ini tidak tercapai menikmati kapal Santa Maria karena hari sudah malam dan saya memilih untuk berbelanja di Dontobori)

Osaka Castle

Kami berangkat dari stasiun Shinsaibasi yang terletak di bawah mallnya, kereta yang di gunakan yaitu Nagahoritsurumiryokuchi Line dan turun di stasiun Osaka Business Park. Keluar dari stasiun jalan kearah belakang gedung dan akan terlihat komplek Osaka Castle. Akhir Maret 2017 bunga sakura masih belum mekar, tetapi beberapa pohon di luar Osaka Castle sudah ada beberapa Sakura yang hampir mekar.

Didalam Castle terdapat museum sejarah jepang dengan tarif 600 yen, tetapi karena sudah memiliki “Osaka Amazing Pass” jadi kami tidak perlu membeli tiket. Di dalam ternyata lumayan antri untuk menggunakan lift, jika ingin cepat lebih baik menggunakan tangga saja...

Spot yang paling menarik di dalam Istana adalah booth foto menggunakan busana tradisional Jepang, Saya dan siabang menyempatkan berfoto seperti Ibu Suri dan Pangeran dari Shakura Catering J.
Photo booth di Osaka Castle

Selfieee @Osaka Castle

Tsuntenkaku Tower

Menuju ke lokasi Tsutenkaku tidak terlalu susah menaiki kereta dari stasiun Osaka Business Park dan berganti line kereta di stasiun Nagahorisbashi dan turun di stasiun Ebisucho, keluar stasiun akan terlihat Towernya. Dulu ini merupakan tower yang menjadi symbol kota Osaka, tetapi sekarang banyak bangunan lain yang melebihi ketinggiannya. Salah satu karakter anime yang identic dengan tower ini adalah Kinokuman, di dalam towernya terdapat beberapa memorabilia animenya. Waktu antri ke atas sekitar 1 jam, jika waktu anda terbatas saya tidak terlalu merekomendasikan lokasi ini karena pengalaman yang di dapat menurut saya biasa saja, kalau menggunakan Osaka Amazing Pass masuk ke sini gratis tetapi kalau tidak anda harus membayar 700 yen.

Urutan Tower Tower tertinggi di Jepang

View from Up

Kinokuman vs Super Kai

Osaka Museum of Living

Merupakan museum unik yang menggambarkan sejarah pemukiman masyarakat Jepang dari masa ke masa. Dari Ebisucho station kami naik line Sakaisuji dan turun di stasiun terakhir yaitu Tenjinbashisuji 6-chome Station. Saat keluar stasiun kami agak bingung membaca petunjuk di google maps ternyata museumnya tepat ada di atas stasiunnya, Kami sempat kebingungan dan beberapa warga jepang yang kami tanyakan juga tidak terlalu paham. Lokasi museumnya ada di lantai 8 dari gedung Housing Information Center di atas stasiun keretanya.

Biaya masuk museum ini adalah 600 yen tetapi bagi pemegang Osaka Amazing Pass gratis, di sini kita juga bisa menyewa kimono dengan tariff 1000 yen. Menurut saya lebih menarik menyewa kimono di sini daripada di Kyoto, karena suasana di dalam museum sangat mirip dengan pemukiman dan lorong-lorong jalan di Gion kyoto maupun di Takayama yaitu menggambarkan lingkungan dari zaman Edo. Sayang sekali saat kami tiba museumnya akan tutup 40 menit lagi dan kimononya sudah tidak ada yang bisa disewa.

Bianglala / HEP Five Ferries Wheel

HEP Five Ferries Wheel berlokasi di sebelah stasiun Osaka, Dari stasiun sebelumnya kami menaiki Tanimachi line menuju Higashi-Umeda Station dan berjalan kaki ke HEP Five shopping Mall.

Lokasi masuk bianglalanya terletak di lantai 7 dari pusat perbelanjaan ini, untuk masuk biayanya 700 yen dan gratis bagi pemegang Osaka Amazing Pass. Sebenarnya menurut saya ini bianglala biasa tetapi bisa dibilang ini merupakan landmark baru di Osaka selain Umeda Skygarden, terletak di tengah pusat keramaian Osaka dan warnanya yang eye catching sangat terlihat kalau kira melewati area ini.

Ketika bianglala yang kami gunakan sudah mencapai posisi teratas kami dapat melihat pemandangan disekitarnya, kalau menurut saya moment terbaik untuk menikmati pemandangan dari atas bianglala ini adalah di malam hari.
HEP ferries Wheel

Sunset view from up

Floating Garden Obsevartory di Umeda Sky Building

Sebenarnya lokasi dari tujuan terakhir kami ini bisa dijangkau dengan berjalan kaki sekitar 1 km tetapi Karena kami agak bingung dengan jalanannya sempat kesasar.

Patokannya dari HEP Five shopping mall menuju ke stasiun Osaka dan dari situ terus ke arah Umekita Plaza/Grand Front Osaka dan dari sana tinggal menyebrang jalan akan terlihat gedungnya.

Tujuan terakhir kami ini adalah sejenis garden observatory yang terletak diatas Umeda Skybuilding, di sini kita bisa menikmati pemandangan kota Osaka dan sebaiknya ke sini sore menjelang malam agar bisa menikmati keindahan malah kota ini.

Biaya masuk ke sini adalah 1000 yen dan gratis bagi pemegang Osaka Amazing Pass. Setelah kami tiba dipintu masuk lift menuju ke atas terdapat antrian, kami menunggu sekitar 30 menit. Ketika tiba diatas terdapat observatory melingkar jadi kita bisa melihat pemandangan sekeliling gedung.

Karena hari sudah pukul 8.00 malam kami memutuskan untuk skip menikmati Osaka dari Maria Cruise dan melanjutkan perjalanan ke Dontobori untuk berbelanja dan makan malam.

Akhirnya selesai juga perjalanan kami di Osaka, kalau dihitung-hitung total biaya masuk tempat wisata yang kami datangi hari ini sekitar 3600 yen ditambah seharian menggunakan subway total menghabiskan sekitar 4000 yen dan semua ini gratis jika menggunakan Osaka Amazing Pass seharga 2300 yen jadi menurut saya pass ini sangat pas jika kita seharian ingin menikmati keindahan Osaka.

Kiddos @floating garden

Night view from up

-------------------------------------------------------------------------------------------------------